Saturday, February 4, 2012

Skematik_ Diagram _Socket _Tabung TV colour


Tabung TV colour mempunyai sejumlah pin yang jumlahnya
berbeda-beda dengan fungsi yang berbeda pula
   Sebelum saya membahas tentang tabung TV akan saya
sampaikan salah satu pengalaman pahit selaku Teknisi Elek
tronik, sudah berbagai pengalaman yang saya dapatkan se
lama beberapa kali service televisi dengan berbagai merk
bukannya saya sokpintar tetapi dengan hasil survey dan pe
ngumpulan semua masalah yang saya catat selama ini ternya
ta hal ini bukanlah hal yang diremehkan, akan tetapi justru
harus diperhatikan, karena TV itu koncinya pada tabungnya
hal ini berkaitan dengan kualitas gambar diantaranya :
Focus ; Warna dan ketajaman cahaya.

   Dan perlu saya sampaikan juga pengalaman pahit yang 
pernah saya alami, pada waktu itu karena belum tahu ten
tang hal ini, pernah saya kena sengatan Highvoltage atau te
gangan tinggi yang masih tersimpan pada tabung tv, akhirnya
saya terpental kebelakang dengan tangan saya tarikkencang
tanpa sengaja sikut tangan kena tembok dinding yang ada
dibelakang saya, sakitnya minta ampun dengan rasa deg-
degan mata byarpet-byapet alias pet-petan , bukannya TV
yang byarpet tapi mata yang pet-petan..hahahaa..!tidak cu
ma itu pengalaman pahit yang saya alami ,bahkan ada seo
rang teman teknisi yang tersengat highvoltage sampai go-
song terbakar dan meninggal dunia, setelah aku selidiki ter
nyata dia punya penyakit jantung. Yah ini betul-betul kejadi
an nyata dan saya yakin teman-teman teknisi yang seprofesi
dengan saya pasti banyak juga yang mengalami seperti apa
yang saya alami.
   Sebelum kepokok pembahasan saya menghimbau pada
teman-teman tingkatkan kesuperhati-hatiannya ketika anda
sedang menservice televisi , yang harus selalu diingat dianta
ranya sebagai berikut :
  • Matikan dulu power on/offnya
  • Lepaskan kabel power dari stopkontak listrik PLN
  • Buanglah tegangan highvoltage yang tersimpan di tabung
          dengan cara dikonsletkan/short ke ground mesin tv
  • Bagi yang mengidap penyakit jantung harus hati-hati    
   Sampai pada pokok bahasan tentang skema diagram pin  
tabung TV colour bahwa jumlah pin tabung tv berbeda-beda
yaitu : 8 pin ; 10 pin ; 12 pin
dibawah ini skema diagram tabung tv yang saya tayangkan
berbentuk gambar skema dan tek sebagai keterangan jalur
penggunaannya. 
8 pin
11 pin



11 pin


12 pin
Keterangan Tek : KR=kaki Red ; KG= kaki Green
                          KB= kaki Blue ; Gnd = Ground
                          Fcs = Focus ; G2= Screen ; H= Heater
11 pin
   Dengan gambar diagram ini sengaja saya muat disini 
demi untuk kelengkapan informasi bagi yang membutuh
kan dan khususnya untuk teman-teman yang actifitasnya
sebagai seorang teknisi elektronik dibidang televisi atau
sejenisnya 
  Sumber data dari catatan sendiri hasil pengumpulan da
ta selama menjalankan sebagai teknisi elektronik audio
video visual
  Sekian postingan saya semoga bermanfaat bagi yang
membacanya 
                Salam terbaik untuk semuanya
             By M.E.Service Via Blogger.com




5 comments:

  1. terimakasih postingannya ya Bang... saya terbantu
    sekali...maaf gambarnya tak copy ya....!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dikopi semuanya ...terimakasih ya....!

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Kenapa letak gambar posisi dari kaki crt tsb tdk relevan dengan yg sesuai di pcb socket crt/pcb rgb? Kan seharusnya ada focus atas,focus kanan bawah,socket 7+focus.bila gambarnya benar,barulah hal tsb akan membantuh mereka2 yg membutuhkan,karena mereka juga ilmunya masih dangkal.tq

    ReplyDelete

Comment Here

Charger Battery, Automatic Stop and Automatically star

Charger Battery, Automatic Stop and Automatically star Bagaimana  mengisi ( cas) battery ( accu) dengan aman, maksudnya supaya Accu l...

Vew Populer

Mengenai Saya

My photo
Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Sekema elektronik ,download musik,trik/tip service TV,Link partner,Contact,my location